250 Calon Taruna Akpol Yang Lolos Seleksi Di Umumkan

Ass.SSDM Polri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri usai mengumumkan calon taruna Akpol yang terpilih di Gedung Cendekia Akpol Minggu (28/07/19) siang.

Semarang, JawaTengahNews.com- Sebanyak 250 nama-nama calon taruna dan taruni yang lolos seleksi di umumkan oleh Panitia Pusat Seleksi Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 2019. Sementara itu 119 calon taruna, yang terdiri dari 14 calon taruni dan 105 calon taruna di pulangkan dari Akpol.

Ass.SSDM Polri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri di Aula Cendikia, Akpol, Semarang, Minggu (28/07/19) siang, menjelaskan, secara nasional pada tahun 2019 ini menyediakan kuota sebanyak 250 taruna-taruni. Namun ada penambahan 14 lagi dari keterwakilan Polda yang tidak lolos secara nasional yaitu Polda Papua 8 catar, Polda Aceh 5 catar dan Polda Gorontalo 1 catar.

Pada seleksi Catar tahun 2019 ini pesertanya luar biasa. Hari ini kita susah memutuskan orang-orang yang harus dipulangkan, baru kali ini kita memulangkan banyak orang. Dilihat dari nilainya, semua Catar mendapat nilai tinggi. Namun karena kuota hanya 250, harus ada yang dipulangkan. Dan harus melalui seleksi yang ketat, kata Irjen Eko.

Tidak mudah untuk menentukan pilihan para calon taruna ini. Pasalnya, kualitas baik nilai akademis hingga fisik semuanya diatas rata-rata. Bahkan, selisih angka antara yang terpilih dan yang tidak hanya nol koma sekian, tuturnya.

Irjen Pol Dr Eko Indra Heri menambahkan, setelah melalui seleksi dari tahap awal hingga tahap akhir, calon taruna-taruni yang bertahan hingga tahap akhir berjumlah 369 orang. Karena kuota yang tersedia hanya 250 taruna , maka di pilih lagi dengan penilaian sistem rangking. Dari hasil penilaian sistem rangking ini, kami memulangkan 14 calon taruni dan 105 calon taruna, imbuhnya.

Bagi calon taruna dan taruni yang tidak lolos bisa mendaftar lagi tahun depan atau bisa langsung diterima di pendidikan Bintara Polri, tanpa proses seleksi lagi. Bagi yang belum lolos, jika secara psikologis membutuhkan pendampingan kami sudah siapkan tenaga konseling, Namun bagi yang ingin mengikuti seleksi Akpol tahun depan bisa mempersiapkan diri agar lebih baik lagi, pungkasnya. (vt)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini