BNNP Jateng Ungkap RP 4,8 M Hasil Pencucian Uang Dari Bisnis Narkotika

BNNP Jateng menggelar Konferensi Pers Terkait Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Jaringan Sancai.

Semarang, JawaTengahNews.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah berhasil mengungkap pencucian uang hasil bisnis narkotika senilai Rp 4,8 Milyar. Kasus dugaan tindak pidana pencucian uang jaringan pengedar narkotika yang di kendalikan narapidana bernama Christian Jaya Kusuma Alias Sancai.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Polisi Muhammad Nur, saat Rilis Kasus di Kantor BNNP Jateng, Senin, (4/2/2019) mengatakan Satgas TPPU ( Tindak Pidana Pencucian Uang) Narkotika BNNP Jateng berhasil mengamankan uang dengan total Rp. 4,8 Miliar yang di duga hasil dari bisnis narkotika.

BNNP Jateng juga menangkap seorang Pelaku bernama Deden Wahyudi alias Dandi Kosasih yang diduga berperan sebagai Pengepul uang hasil bisnis narkotika yang di lakukan oleh Christian Jaya Kusuma, seorang gembong narkotika yang saat ini masih mendekam di Lapas Super Maksimum Security Batu Cilacap. Dari rumah kos Pelaku Deden di Kelurahan Bausasran, Danurejan kota Yogyakarta itu petugas mengamankan uang tunai sebesar Rp. 1,5 Miliar serta 53 Ribu Dolar Singapura, empat buku tabungan dengan total Rp 2,7 Miliar di antaranya atas nama pelaku.

Dari hasil bisnis narkotika ini, pelaku membeli dua unit sepeda motor. Para pelaku menggunakan modus yang tergolong baru sehingga sulit di lacak, yaitu dengan membuat surat keterangan KTP Elektronik, KTP serta KK palsu untuk membuka rekening di sejumlah bank, jaringan ini cukup berbahaya karena terbukti berhasil menggunakan identitas ganda yang tercatat resmi di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil yang dipakai untuk membuka rekening di bank.

Saat ini BNN Provinsi Jateng masih mengejar pelaku lain yang diduga sebagai pengendali tersangka Deden Wahyudi, pelaku lainya ini juga mempunyai beberapa identitas ganda.

Atas perbuatannya, tersangka di jerat dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Tindak Pidana Pencucian Uang. (V-01)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini