Di Butuhkan Pendekatan Multi Disiplin Atasi Kenakalan Remaja

Semarang,JawaTengahnews.com – Perkembangan Informasi Dan Teknologi (IT) saat ini bisa berpotensi pada sisi positif dan negatif bagi perkembangan remaja. Sehingga Pendidikan karakter harus di tanamkan sejak dini. Spiritual dan emosional menjadi perhatian untuk kontrol dari orang tua juga.

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Abdul Hamid Anggota Komisi E DPRD Jateng dalam Dialog Parlemen dengan tema Degradasi Moral Dan Kenakalan remaja yang di selenggarakan oleh Humas DPRD Jateng bekerjasama dengan Radio MNC Trijaya Bertempat di Hotel Gets di kota Semarang, Selasa (19/02).

Sinung Noegroho Rachmadi Kepala Disporapor Jawa Tengah mengatakan, saat ini banyak remaja yang mengalami culture shock akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu para orangtua harus bisa mengawal lewat komunikasi maupun berinisiatif untuk merangsang logika anak agar bisa terbuka, katanya.

Sinung menuturkan orang tua harus bisa mempunyai waktu untuk bertemu dan berdiskusi dengan anak dan di sini peran orang tua sungguh sangat di perlukan bagi anak, tuturnya.

Sementara itu Esmi Warassih Pakar Hukum Dari Undip menyampaikan, bahwa masalah kenakalan remaja sangat kompleks, maka di butuhkan pendidikan multi disiplin serta komunikasi yang baik, kata Esmi.

Lebih lanjut, dari sisi hukum kesalahan remaja jangan di selesaikan dengan di lihat secara parsial atau beberapa bagian saja tetapi harus di lihat secara luas dengan melihat dari semua aspek yang ada, ujarnya.

Esmi menambahkan di perlukan adanya kebijakan berbagai institusi terkait dan pemerintah harus ikut terlibat dalam penanganan kenakalan remaja. Bagi anak yang melakukan pelanggaran hukum hendaknya jangan diproses semata dari sisi hukumnya, tetapi remaja tetap di bina sehingga bisa memperbaiki dirinya dengan bantuan para ahli, imbuhnya. (vi)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini