Di Perkirakan Pemudik Yang Masuk Jateng Capai 8,4 Juta Orang

Dialog Bersama Parlemen Jawa Tengah, Dengan Tema Mudik Lancar dan Nyaman

Semarang, JawaTengahNews.com- Dengan adanya Tol Trans Jawa yang sudah beroperasi dan tersambung dari Jakarta-Surabaya, di harapkan Perjalanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini diharapkan dapat lancar, aman dan tertib.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satrio Hidayat mengatakan, Tahun ini pemudik diperkirakan mencapai 8,4 juta orang, naik sekitar 14% – 18% dibandingkan tahun 2018. Dari 8,4 juta pemudik, sebanyak 6,8 juta akan menggunakan jalur darat, yakni melintas jalan tol sebesar 40%, jalur Pantura 27%, dan sisanya melintas di jalur selatan dan lainnya, kata Satrio dalam Dialog Bersama Parlemen Jawa Tengah, dengan Tema Mudik Lancar dan Nyaman, yang di selenggarakan oleh Humas DPRD Jateng, bekerja sama dengan Radio Trijaya FM, di Hotel Noormans Semarang, Rabu(15/5).

Pihaknya pun memastikan, saat ini berbagai infrastruktur baik darat, udara dan laut telah siap digunakan untuk kelancaran dan keselamatan para pemudik.

Untuk jalur darat, pihaknya akan terus bekerja maksimal apabila terjadi kemacetan panjang, dan khusus di jalur alternatif saat ini juga telah dilakukan penambahan rambu penunjuk arah.Sementara untuk Penerangan jalan dilakukan kordinasi dengan pemkot/pemkab setempat, karena membutuhkan 9.800 lampu, namun baru terpasang 4.800 jadi masih kurang 5.000 lampu, ujarnya.

Sementara itu, Ngaini Richard, Anggota Komisi D DPRD Jateng, mengatakan, di perlukanya antisipasi sehingga tidak ada penumpukan kendaraan mulai di Brebes Barat yang masuk ke Jawa Tengah. Biasanya kemacetan terjadi di jalan biasa, seperti pasar tumpah serta parkir di bahu jalan di sekitar pasar tersebut, katanya.

Lebih lanjut, untuk memperlancar arus mudik dan balik, ia menghimbau agar pemudik hendaknya memanfaatkan panduan mudik dari media sosial juga, ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmadja, menambahkan, titik yang rawan penumpukan seperti pintu tol keluar di Brebes Barat, akan diantispasi yang satu arah menjadi dua arah. Termasuk adanya tikungan tajam, untuk menghindari kecelakaan.

Sebelum masuk Brebes Barat, bus dan mobil besar sudah dibelokkan. Untuk jalur tengah seperti Banyumas, Purbalingga titik macet ada pada pasar tumpah, maka akan diatur agar parkir tidak di bahu jalan, katanya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, untuk mudik tahun ini, Polda Jateng akan mengerahkan lebih dari 22.000 personil kepolisian yang dibantu berbagai jajaran dan 750 Siswa SIP ( Sekolah Inspektur Polisi) untuk di perbantukan di Jateng, untuk memastikan perjalanan dan keselamatan pemudik aman.

Polda menjamin keamanan dan keselamatan. Dan kami menghimbau pemudik mempersiapan diri, baik kendaraan, kesehatan dan Kelengkapan kendaraan, agar di tengah jalan tidak ada kendala. Pemudik juga diharapkan mematuhi rambu lalu lintas agar perjalanan mudik aman, nyaman dan lancar, pungkasnya.(vit)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini