Jelang Lebaran Stok Kebutuhan Bahan Pokok Di Jateng Aman

Dialog Parlemen Jawa Tengah dengan Tema Ketersediaan Dan Keterjangkauan Sembako Jelang Lebaran

Semarang, JawaTengahNews.com – Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah menjamin stok kebutuhan bahan pokok mencukupi.

Kepala Disperindag Jateng, Arif Sambodo, mengatakan, ketersediaan bahan pangan di Jateng seperti beras, minyak goreng, telur, dan daging masih aman. Bahkan khusus beras masih cukup mencukupi hingga satu tahun.

Untuk harga kebutuhan pokok tersebut juga tidak ada kenaikan signifikan, Harga cabai terutama yang biasanya naik saat ramadhan dan jelang lebaran, kini cenderung normal, kata arief dalam Dialog Bersama Parlemen Jawa Tengah, dengan Tema Ketersediaan Dan Keterjangkauan Sembako Jelang Lebaran, yang di selenggarakan oleh Humas DPRD Jateng, bekerjasama dengan Radio Trijaya FM, di Hotel Gets Semarang, Kamis (23/5).

Arief menuturkan, Saat ini, Untuk harga beras Premium Rp 12.500, Medium Rp 9.800, gula pasir Rp 12.500. Penetapan harga tersebut Sudah ada aturan dan acuan mulai dari minyak goreng sampai daging.Dengan acuan harga, pihaknya bisa memantau, dan bisa melakukan penyikapan dengan satgas pangan, Dan harga-harga kebutuhan pokok ini sudah Tiga tahun bisa terkendali, Sementara bahan pokok yang agak diwaspadai adalah bawang putih, namun sekarang harga bawang putih sudah kembali normal, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng Agus Wariyanto mengatakan, selain ketersediaan juga yang perlu diperhatikan adalah keamanan pangan. Masyarakat tidak hanya berpatokan membeli dengan harga murah. Tetapi juga harus memperhatikan keamanan pangan, katanya.

Untuk stok beras hingga produksi ternak hewan /kambing juga masih aman, begitu pula komoditas telur masih aman, karena di Jateng mempunyai daerah penghasil telur, imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Jateng, Messy Widiastuti sangat mengapresiasi peran Disperindag dan pemeirntah Jateng yang sudah bekerja maksimal untuk menjaga stok bahan pangan dan harga tetap stabil.

Messy manambahkan, dengan ketersediaan bahan pangan yang mencukupi, maka masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Permintaan sembako akan meningkat saat Ramadhan dan Lebaran, pungkasnya. (vt)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini