Pemilu 2019 Di Harapkan Menjadi Pemilu Damai

Dialog Parlemen Jawa Tengah Dengan Tema Kampanye Damai dan Pendidikan Politik

Semarang, JawaTengahNews.com- Pemilu mutlak harus mampu menciptakan rasa tenang, tentram dan aman sebagai refleksi kerukunan warga. Untuk itu semua masyarakat di harapkan dalam menyambut pesta demokrasi pemilu 2019 secara damai dan aman.

Hal itu di sampaikakan, Rukma Setya Budi, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, dalam Dialog Parlemen Jateng, dengan tema Kampanye Damai dan Pendidikan Politik, yang di selenggarakan oleh Humas DPRD Jateng bekerja sama dengan Radio MNC Trijaya FM, di Gets Hotel Semarang, Selasa (2/4/).

Lebih lanjut, Rukma Setyabudi, Ketua DPRD Jateng, menuturkan, walaupun berbeda pilihan dalam pemilu, hendaknya kita tetap saling menjaga kerukunan antar sesama, sehingga persaudaraan kita tetap saling terjaga dengan baik, tuturnya.

Rukma menambahkan, kita hendaknya dapat memilih sesuai hati nurani masing-masing,dan jangan memaksakan kehendak kepada orang lain, itulah yang di namakan demokrasi, imbuhnya.

Ia berharap, pemilu ini dapat berjalan lancar, dan Terutama pada saat pencoblosan 17 April mendatang. Jujur, aman dan nyaman. Jangan sampai persaudaraan yang puluhan tahun terjalin, berubah hanya karena beda pandangan politik, Pemilu tidak boleh berujung permusuhan, kerusuhan ataupun perpecahan, harapnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Undip Semarang, Yuwanto mengatakan, Pemimpin partai harusnya menunjukkan sikap dan perilaku yang mendidik masyarakat. Statemennya dapat menentramkan, dan bukan menyebarkan tendensi rasa was-was dan berita hoax. Saat ini, tidak sedikit lewat media sosial (medsos) menyebarkan irasionalitas. Sehingga ada upaya menyebarkan ketakutan pada masyarakat, katanya.

Lebih lanjut, Yuwanto menuturkan, bahwa proses demokratisasi sudah berjalan selama dua dasawarsa, Ia berharap para pemimpin partai dan kontestan dapat membuat pemilih berpikir rasional.Di harapkan, Pemilu kali ini dapat menjadi pemilu damai dan membuat masyarakat dewasa dan rasional, tuturnya.

Sementara itu, Diana Ariyanti, Komisioner KPU Jateng menambahkan, dalam masa kampanye harus berjalan sesuai yang ditetapkan UU. Para peserta kampanye pemilu haruslah dapat bersaing secara sehat dalam menyampaikan visi-misinya sesuai dengan UU, bukan untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Pemilu dan kampanye damai merupakan cita-cita semua elemen bangsa, pungkasnya.( vi )

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini