PT KAI Jaring Pelaku Bisnis Kelola Aset Untuk Pengembangan Bisnis

Corporate Deputy Director of Assets Development PT KAI, Suharjono(tengah) saat menghadiri FGD Public Exspose kerjasama optimalisasi aset dan angkutan barang di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta di PO Hotel Semarang, Rabu (14/08/2019).

Semarang, JawaTengahNews.com- Melalui kegiatan FGD( Focus Group Discussion) dalam Public Exspose kerjasama optimalisasi aset dan angkutan barang di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta , di Hotel PO Semarang, Rabu, (14/8/19), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Menawarkan kepada para pelaku bisnis untuk mengembangkan dan mengoptimalkan beberapa aset lahan yang di miliki untuk pengembangan usaha.

Corporate Deputy Director of Assets Development PT KAI, Suharjono mengatakan, Aset-aset PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang terbentang di Pulau jawa khususnya di wilayah Jawa Tengah meliputi Daerah Operasi 4 Semarang , Daerah Operasi 5 Purwokerto, Daerah Operasi 6 Yogyakarta masih sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Aset-aset tersebut terbagi menjadi aset railway (meliputi sarana dan prasarana) dan aset non railway (meliputi tanah, bangunan dinas, rumah perusahaan, perkantoran, dan gudang). Secara keseluruhan aset-aset tersebut terletak di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk aset berupa tanah memiliki luasan 332.012.898 m2 dengan luasan optimum untuk dikembangkan sebesar 2.524.700 m2. Sedangkan untuk rumah perusahaan berjumlah 16.475 unit dan bangunan dinas berjumlah 3.882 unit. Legalitas dari keseluruhan aset KAI berpotensi tersebut yang sudah bersertifikat sejumlah 125.712.997 m2 (37,86%) sedangkan yang belum bersertifikat adalah 206.299.901 m2 (62,14 %).

Pihaknya membuka peluang kepada semua mitra bisnis khususnya di bidang properti barsama-sama kita optimalkan aset negara yang dikuasakan kepada KAI ini, kata Suharjono.

Suharjono menuturkan, Saat ini PT KAI telah melakukan 13 kerjasama pemanfaatan aset untuk proyek pengembangan properti di wilayah Jabodetabek. PT KAI pun sangat terbuka untuk melakukan kerjasama di wilayah lain dan membuka peluang seluas-luasnya kepada mitra bisa mengembangkan untuk hunian, apartemen, mal, atau tempat wisata, tuturnya.

Ia menambahkan melalui kegiatan FGD yang dilakukan ini, diharapkan dapat menggugah minat dan membuka wawasan para pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan aset yang dimiliki PT KAI (Persero) dalam mengembangkan bisnis usahanya. Selain itu, melalui pengangkutan barang dengan menggunakan kereta api diharapkan dapat menambah efektifitas dan efisiensi dari segala sisi proses distribusi yang dilakukan, pungkasnya.(vt)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini