Unika Soegijapranata Semarang Gelar Robovaganza Competition 2019

Semarang, JawaTengahNews.com- Event tahunan yakni perlombaan Robovaganza Competition (ROBOCOP) 2019, akan di gelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang, pada kamis depan (28/3/2019). Kegiatan lomba ini akan di gelar dengan nuansa, tema, dan luasan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Sulaiman Ketua Panitya Robovaganza Competition (ROBOCOP) 2019 mengatakan, Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis, 28 Maret 2019 di Selasar Gedung Thomas Aquinas UNIKA Soegijapranata, Jalan Pawiyatan Luhur IV/I Bendan Duwur Semarang. Kegiatan ini mengusung tema ‘Robot’s With Speed and Accuracy In The Battle Arena.

Lebih lanjut, Dalam tahun ini, pihaknya akan menambah beberapa lomba-lomba baru yang belum pernah diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, kata Sulaiman.
Sulaiman menuturkan, Tujuan kegiatan ini sebagai sarana memperkenalkan teknologi masa kini yang semakin canggih terutama di bidang robotic dan mekatronika.

Ini sebagai ajang pengembangan diri dan bentuk kreatifitas generasi muda masa kini, juga sebagai wadah menyalurkan bakat dan kemampuan bagi kemajuan teknologi.
Perlombaan ini menyasar pada para pelajar dari SD, SMP, SMA/SMK/MA sederajat se-Jateng dan DIY. Selain itu juga untuk kalangan umum penggemar robotic dan perguruan tinggi, tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, untuk system pertandingan, robot dengan system analog akan melawan robot dengan system analog, dan robot system digital akan melawan robot system digital. Robot direset oleh panitia saat peserta sudah menyelesaikan daftar ulang. Dalam pertandingan menggunakan system knock out.
Untuk spesifikasi robot, robot line follower boleh menggunakan system analog maupun system digital. Dimensi maksimal robot panjang 20 cm, lebar 20 cm, dengan tinggi 20 cm, dan berat maksimal 3 Kg, imbuhnya.

Ia berharap, dengan terlaksananya Robovaganza Competition (ROBOCOP) 2019 ini, generasi muda maupun masyarakat dapat mengenal bidang robotika mekatronika yang berguna bagi teknologi masa depan yang semakin canggih.

Selain itu mampu mengembangkan skill dan kreativitas serta mengasah dan melatih kemampuan berpikir masing-masing pribadi yang mengikuti rangkaian acara Robovaganza Competition (ROBOCOP) 2019 tersebut, demi kemajuan bangsa dan Negara, harapnya.

Untuk pendaftaran dapat di lakukan secara online maupun offline yang sudah di buka mulai pada Hari selasa 1 januari hingga 26 maret 2019 dengan mengunduh formulir pendaftaran yang tertera di blog :www.robocop2018.blogspot.com E-mail :hmjteunika@unika.ac.id

Adapun setiap pendaftar/tim nantinya akan mendapatkan e-sertifikat dan setiap pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan,piala, hingga uang tunai total 12 juta lebih,pungkasnya.(vi)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini