Kapolda Jateng Laksanakan Sholat Ied Idul Adha Di Lapangan Mako Brimob Srondol Semarang

blank
Penyerahan hewan kurban secara simbolis dari Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, 31/7/2020 (Foto : Humas Polda Jateng)

Semarang,JawaTengahNews.com- Polda Jawa Tengah Melaksanakan Sholat Ied Idul Adha 1441 H dan Penyerahan Hewan Kurban di lapangan Mako Brimob Srondol Semarang, Jum’at (31/7/2020).

Kegiatan Sholat Ied Idul Adha Polda Jawa Tengah dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Pejabat Utama Polda Jateng, anggota Brimob Srondol Semarang dan masyarakat sekitar Mako Brimob, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat.

Bertindak sebagai Khatib dalam Sholat Ied kali ini yaitu K.H. Dr. Drs. Rosihan, yang juga merupakan wakil ketua BAZNAS Provinsi Jateng. Dalam khotbahnya beliau menerangkan intisari dari kewajiban berkurban umat muslim.

Sabar adalah sebuah pengorbanan, seperti dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Ketika Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya Ismail, sangatlah berat. Akan tetapi beliau, baik Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ikhlas dan sabar. Namun kurban manusia amatlah mahal, maka Allah SWT menggantikannya dengan hewan kurban.

K.H. Rosihan menambahkan bahwa yang di sembelih adalah sifat sifat kehewanan, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 kita harus menyikapi dengan sabar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta jangan sampai mengorbankan kehidupan masyarakat dilingkungan kita.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi menyerahkan hewan kurban secara simbolis sebanyak 10 ekor sapi dan 14 ekor kambing kepada panitia kurban Polda Jateng.

Ketua panitia kurban Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Drs. Iriansyah, menjelaskan, untuk jumlah hewan kurban Polda Jateng sebanyak 221 ekor sapi dan kambing sebanyak 519.

Yang sudah terkumpul untuk Polda Jawa Tengah, sapi 221 ekor dan kambing 519 ekor. Sedangkan yang di Mako Sat Brimob saat ini yang akan dilakukan penyembelihan sebanyak 10 ekor Sapi dan 11 ekor kambing, tutur Kombes Pol. Drs. Iriansyah.

Adapun penyembelihan dilakukan oleh tenaga ahli yang didatangkan dari Pati berjumlah lima orang dan dibantu oleh anggota Sat Brimob Polda Jawa Tengah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Rencana pendistribusian daging kurban sebanyak 1.500 bungkus dengan rincian kepada PHL, PNS dan Bintara Polri Polda Jawa Tengah sebanyak 500 bungkus. Kemudian yayasan dan panti asuhan sebanyak 200 bungkus, warga asrama Sat Brimob dan sekitar Mako sebanyak 800 bungkus. Pendistribusian daging rencananya mulai hari ini pukul 13.00 wib tepatnya setelah pelaksanaan Shalat Jumat, imbuh Kombes Pol Drs. Iriansyah. (vt)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini