Wakapolri Dan Kapolda Jateng Pantau Arus Mudik Idul Adha 1441 H Via Udara

blank
Wakapolri Komjen Pol. Drs. Gatot Edi Pramono bersama Kapolda Jateng dan jajaran lakukan pengecekan arus mudik Idul Adha 1441 H, 30/7/2020. Foto: Humas Polda Jateng

Brebes,JawaTengahNews.com- Wakapolri Komjen Pol. Drs. Gatot Edi Pramono dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi melakukan pemantauan arus mudik Idul Adha 1441 H di tol Brexit, Kamis (30/7).

Kegiatan ini dilakukan mulai jalan Pantura dan jalur tol dari Jakarta hingga Brebes melalui udara.Turut mendampingi Wakapolri diantaranya, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Karoops Polda Jateng Kombes Pol. Drs. Firly Ruspang Samosir, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Arman Achdiat beserta Pejabat Utama Polda Jateng dan Kapolres berikut Kasat Lantas jajaran wilayah Pekalongan.

Selain mengecek dan memantau arus lalu lintas Wakapolri membagikan bingkisan kepada anggota Polri, TNI dan petugas tol di Brexit, Brebes Timur,” ucap Kadivhumas Polri Irjen Pol. Raden Argo Yuwono.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Arman Achdiat menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan puluhan rest area di sepanjang jalan tol untuk hindari kemacetan selama arus mudik Idul Adha 1441 H.

Kami telah menyiapkan 20 rest area di sepanjang jalan tol, bila ada kepadatan lalu lintas di tol maka kami akan membuka di pintu tol Cirebon dan kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas yang akan menuju Banyumas,” ujar Dirlantas Polda Jateng.
Ada 62 objek wisata yang dikelola oleh pengusaha dan kami melaksanakan himbauan dan pengamanan bila terjadi kepadatan masa dan kami juga menyiapkan protokol kesehatan, imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol. Drs. Gatot Edi Pramono mengatakan, perayaan Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena masyarakat merayakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Perayaan Idul Adha 1441 H bertepatan dengan hari libur Sabtu dan Minggu, sehingga tidak menutup kemungkinan ada masyarakat yang pulang kampung atau berkegiatan ke tempat-tempat wisata sehingga mobilisasi masyarakat akan meningkat,” ucap Wakapolri Komjen Pol. Drs. Gatot Edi Pramono.

Tadi kami juga sempat ke Cikopo, Arus mudik disana ada kenaikan sebesar 39% dibanding tahun lalu, hal ini karena tahun lalu perayaan Idul Adha hanya satu hari sedangkan tahun ini ada 3 hari yaitu Jumat Sabtu Minggu, imbuhnya.

Setelah kita pantau melalui udara arus mudik di tol Brexit sendiri terjadi peningkatan sebesar 20% namun sangat normal dan tidak ada hambatan sama sekali,” jelas Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi.

Wakapolri menghimbau agar Polda Jawa Tengah melakukan kegiatan pengamanan terkait dengan arus mudik untuk hindari terjadi kecelakaan maupun gangguan kamtibmas lainya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Polda Jawa Tengah sendiri telah menyiapkan rencana pengamanan arus mudik melalui Operasi Patuh Candi 2020 yang mengedepankan langkah-langkah yang persuasif dan humanis.

Tak lupa Wakapolri menghimbau masyarakat yang akan pulang kampung atau melakukan kegiatan ke tempat wisata agar memperhatikan dengan baik protokol kesehatan. (vt)

TULIS KOMENTAR

Isi komentar anda
Tulis nama anda disini